“I Write, Therefore I am”

Frans_Hals_-_Portret_van_René_Descartes
René Descartes (Image from Google.com)

René Descartes menggagas ide “Je pense, donc je suis” atau “I think, therefore i am” atau dalam bahasa Latin lebih dikenal “Cogito Ergo Sum” dalam karyanya “Discourse on the Method” sebagai dasar filosofi. Sebagai seorang Empiris, beliau berpendapat bahwa ia sadar akan kehadirannya yang utuh dan absolut di semesta ini. Bagaimana membuktikannya? bahwa dengan memikirikan eksistensi dirinya saja sebagai individu dari awal sudah menandakan bahwa dia telah ada. Pemikiran lah yang membuat seseorang exist di semesta ini tanpa kompromi. Sehingga pemikirannya pun menjadi salah satu tonggak utama dalam filosofi barat. Semoga Tuhan selalu berkati beliau dan karyanya.

me
Mohamad Reney Adhitya (Image from my camera)

Hey!! Gw Mohamad Reney Adhitya dan nama kita miripan. Yaaa miripnya cuman di nama awalnya beliau aja sih, bedanya kan dia akhirannya ‘é’ tapi kalo gw pake ‘y’. Kalo nama akhirannya beliau ‘Descartes’ udah kliatan orang Prancis nya, kalo gw kliatan banget orang Indo akhirannya ‘Adhitya’, yang kalo gw cari2 itu artinya Matahari (http://carinamabayi.com/arti-nama/adhitya.html). Memang untuk beberapa orang sulit untuk menyebut atau menangkap nama gw, terutama di kerjaan tiap kali gw memperkenalkan diri gw lewat telpon sbelon gw nawarin org kerjaan (27 Juli 2016, saat ini gw kerja sebagai headhunter). Ada yg nyebut Rene, ada yg nyebut Reni, ada juga Frenli (itu sih nama tmen gw dari Makassar). Kadang gw pingin ngenalinnya nama gw Ahmad ato Adit aja, namun biasanya gw memperkenalkan nama sebutan gw sebagai Jami dri SMP, makanya nama blog ini guratanjami.

Mumpung nama gw ama beliau hampir samaan, dan ide beliau banyak di quotes org2 di medsos, gw pun mencoba untuk memetik ide tersebut dan mengubah salah satu katanya untuk menjelaskan poin gw dalam mulai nulis blog ini.

Hidup itu hanya sebentar. Baru masuk kuliah, tiba-tiba sudah mau lulus, padalan udah 3.5 tahun. Hari ini bingung nyari kerjaan, tiba-tiba besok dah dapet yang baru, padahal udah 1/2 tahun berlalu. Baru mau naik kapal ke Pulau Peucang liburan.. Lho, kok gak terasa besok dah harus ngantor aja! Sehingga kadang-kadang kita melewati kehidupan hari demi hari menghadapi berbagai hal, melakukan berbagai aktifitas, dan tanpa sadar sudah jauh kita melangkah dan sudah banyak waktu yang terlewatkan begitu saja. Dan setelah kita melewati semua itu, sering sekali jejak-jejaknya sudah tidak nampak lagi. Barusan ngelewatin liburan asik, beberapa minggu kemudian sudah lupa kisahnya seperti apa. Baru aja mendapat wejangan, besoknya udah lupa apa yang ada di pikiran. Kadang ketemu inspirasi, kesempatannya hilang karena lupa. Yaa namanya juga manusia kan gak sepenuhnya menghafal segala yang ada, kecuali lo dah bertahun tahun mempelajari metode Loci atau “Yellow Elephant” dari bukunya Tansel Ali.

Sehingga, menulis menjadi salah satu bentuk dari berkarya atau produktif. Menulis berarti menuangkan apa yang ada di pikiran kita, entah apakah itu ide atau ingatan-ingatan yang ada, atau opini dan perasaan, atau catatan utang-utang sama lirik lagu buat nembak gebetan, meluangkan pikiran kita ke sesuatu yang tangible dan dapat kita akses kembali di kemudian hari. Bisa saja inspirasi atau ide yang kita tulis bisa menjadi dikembangkan lagi di kemudian hari hingga pada akhirnya seorang Entrepreneur bisa membuat bisnis dari peluang yang ada. Atau istilahnya ‘uneg-uneg’ yang ada di dalam diri sudah di lampiaskan dengan menulis sehingga pikiran dan jiwa kembali fresh. Bahkan kenangan-kenangan yang ada bisa di baca ulang lagi oleh siapapun dan memberikan gambaran apa saja yang telah dilalui oleh seseorang, Sharing istilahnya… menulis merupakan sarana untuk sharing yang baik juga terutama bagi seseorang yang memang lebih nyaman berkomunikasi atau berkarya melalui tulisan. Sehingga beberapa orang ternyata memiliki bakat menulis seperti J.K. Rowling dengan Harry Potter saga.

I Write, therefore I am“.. Dengan menulis, kita telah meninggalkan jejak eksistensi kita dari apa yang ada di dalam hati dan pikiran kita. Kita bisa mengakses kembali tulisan-tulisan kita entah untuk sekedar mengingat kembali atau mengembangkannya lagi. Dan bukan hanya kita, orang lain pun juga menyadari kehadiran kita dengan membaca apa yang telah kita tulis. Bahwa ternyata dia sudah pernah ke Raja Ampat, Bahwa ternyata dia memiliki gagasan menarik dalam mengelola keuangan, bahwa ternyata dia itu orangnya kreatif karena puisi-puisinya. Apa yang kita tulis, jika kita abadikan, akan menjadi jejak kita sebagai individu di bumi ini. Alhasil ada beribu ribu seni literatur baik dari puisi, lirik, buku novel, dongeng, gurindam, prosa.. (hayoo apa lagi anak-anak??) yang telah menginspirasi banyak orang atau bahkan membentuk budaya.

Jadi maksud gw di sini gw menulis blog ini untuk melampiaskan apa yang ada di dalam diri gw apapun itu. Secara langsung, gw pun juga meninggalkan jejak gw yang mungkin suatu saat kedepan bisa gw baca lagi atau orang lain baca, bahwa ini loh yang ada di pikiran gw, ini loh apa yang telah gw lalui, ini loh pendapat gw dan hey, mungkin ada yang tertarik untuk mengajak berkenalan dan berbincang. Dan lagipula, terkadang beberapa hal lebih baik diungkapkan secara tertulis daripada lisan.

Okeee sekian blog pertama dari gw, gw harap ada yang baca blog gw ini dan gw rasa mungkin dalam waktu lama gw gak akan nulis blog lagi dikarenakan entah gak ada waktu atau gak ada inspirasi. Yang penting terus berusaha dan terus berkarya! HIP HIP HURAAA!

 

Leave a Reply

